Breaking News
Home / Tutorial / Cara Mudah Overclock Shapphire Radeon RX480 Nitro+

Cara Mudah Overclock Shapphire Radeon RX480 Nitro+

Tahun 2016 akhir menjadi sangat meriah di dunia graphic card, hal ini dikarenakan rilisnya vga card terbaru baik dari Nvidia maupun AMD. Namun yang sedikit menjadi topik perbincangan hingga awal 2017 ini adalah efisiensi yang membaik dari AMD dengan di luncurkannya flgship mereka yaitu  Radeon RX480.

Dengan harga yang relatif murah untuk kelas GPU flagship yang memiliki performa tinggi dan efisien dari AMD, RX480 menjadi incaran banyak konsumen yang merupakan gamer mainstream yang ingin bermain game terkini dengan setting nyaman 60 fps di resolusi 1080p.

Tak hanya itu, tingkat overclocking dari RX480 ternyata juga sangat baik. Di kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit cara atau bisa disebut juga dengan guide bagaimana meningkatkan performa RX480 dengan cara melakukan overclocking  sedang menggunakan software bawaan AMD Radeon Setting.

Pertama kenai dahulu GPU yang akan kita gunakan lewat GPU Z seperti berikut ini

disini saya menggunakan VGA Card dari Sapphire yang notabene sudah mengalami overclock pabrikan. Bukan sebuah masalah, mari kita lakukan overclock lebih lagi. terlihat jelas pada gambar diatas GPU Clock adalah 1340 Mhz dengan memmory 2000.

Selanjutnya buka Radeon Setting

Masuk Pada Tab Gaming-Global Setting-Global Wattman. Sekedar Saran, gunakan resolusi minimal 1080p untuk kemudahan melihat dan melakukan setting pada wattman agar tidak naik turun melihat parameter. Berikut penampakannya

selanjutnya perhatikan tampilan layar, ada 3 bagian penting disini yaitu GPU,Memory, dan Power Limit. Selanjutnya kita akan merubah parameter di ketiga bagian tersebut untuk menaikkan performa dari GPU.

Pada Bagian GPU kalian hanya perlu fokus pada state 7 saya, abaikan yang lainnya. setting frequency menjadi “Dynamic”  untuk bisa merubah parameter pada state 7. Rubahlah angka pada state 7 naik sedikit demi sedikit. saya akan naikkan ke 1400Mhz ,saya tidak menjamin GPU yang kalian apakah bisa sama seperti setting konfigurasi yang saya tulis ini. tapi setidaknya garis besarnya adalah seperti itu. berikut adalah hasilnya

   

Voltage control berbanding lurus dengan frequency, akan tetapi pada beberapa GPU yang memiliki chipset istimewa. menaikkan frequency tanpa menaikkan Voltage bisa terjadi seperti contoh punya saya ini.

Setelah bermain main di GPU, kita beralih ke Memory. Samahalnya dengan GPU, pada memory switch dynamic juga harus digeser untuk melakukan perubahan nilai pada parameter state 7. angka 2000Mhz adalah default, saya akan naikkan menjadi 2100Mhz  seperti berikut ini.

Lalu yang terakhir pada power limit, tarik saja mentok ke angka 50%

Setelah semua diatas dilakukan,lakukan save/apply setting dan lihat hasilnya pada GPU-Z. berikut hasilnya

Untuk Menguji apakah hal ini benar-benar menaikkan performa, mari kita lakukan test benchmark dan berikut hasil dari 3D Mark Time Spy

Hasil 3d Mark Sebelum OC

Hasil 3d Mark Setelah dilakukan OC

Score yang cukup memiliki perbedaan antara Non OC dengan sedikit dilakukan OC. Worth atau tidak melakukan overcloking tergantung pada penilaian kalian masing masing. Itulah tadi sedikit guide atau cara melakukan OC ringan pada RX 480.

Comments

comments